Saturday, October 30, 2010

Belanda Kabur Berganti Jepang Merusakkan Negeri

oleh Tom Finaldin

Bandung, Budak Angon
Prabu Siliwangi memiliki kemampuan luar biasa dalam nganjang ka mangsa datang, ‘melihat masa depan’. Meskipun telah ngahiang, ‘bersatu menuju Tuhan’ ratusan tahun sebelumnya, Sang Prabu dapat memberikan gambaran masa depan kepada pengikutnya mengenai terjadinya pergantian penjajahan dari Belanda pada Jepang.

Dalam bahasa Sunda.

Ti dinya, waluku ditumpakan kunyuk. Laju turunan urang aya nu lilir, tapi lilirna cara nu kara hudang tina ngimpi. Ti nu laleungit, tambah loba nu manggihna. Tapi loba nu pahili, aya kabawa nu lain mudu diala! Turunan urang loba nu hanteu engeuh yén jaman ganti lalakon ! Ti dinya gehger sanagara. Panto nutup dibuburak ku nu ngaranteur pamuka jalan, tapi jalan nu pasingsal!

Nu tutunjuk nyumput jauh; alun-alun jadi suwung, kebo bulé kalalabur. Laju sampalan nu diranjah monyét! Turunan urang ngareunah seuri, tapi seuri teu anggeus, sabab kaburu warung béak ku monyét, sawah béak ku monyét, leuit béak ku monyét, kebon béak ku monyét, sawah béak ku monyét, cawéné rareuneuh ku monyét. Sagala-gala diranjah ku monyét. Turunan urang sieun ku nu niru-niru monyét. Panarat dicekel ku monyet bari diuk dina bubuntut. Walukuna ditarik ku turunan urang keneh. Loba nu paraeh kalaparan. Ti dinya, turunan urang ngarep-ngarep pelak jagong sabari nyanyahoanan maresék caturangga. Hanteu arengeuh, yén jaman geus ganti deui lalakon.

Laju hawar-hawar, ti tungtung sagara kalér ngaguruh ngagulugur, galudra megarkeun endog. Génjlong saamparan jagat! Ari di urang ? Ramé ku nu mangpring. Pangpring sabuluh-buluh gading. Monyét ngumpul ting rumpuyuk. Laju ngamuk turunan urang; ngamukna teu jeung aturan. loba nu paraéh teu boga dosa. Puguh musuh, dijieun batur; puguh batur disebut musuh. Ngadak-ngadak loba nu pangkat nu maréntah cara nu édan, nu bingung tambah baringung; barudak satepak jaradi bapa. Nu ngaramuk tambah rosa; ngamukna teu ngilik bulu. Nu barodas dibuburak, nu harideung disieuh-sieuh. Mani sahéng buana urang, sabab nu ngaramuk, henteu beda tina tawon, dipaléngpéng keuna sayangna. Sanusa dijieun jagal. Tapi, kaburu aya nu nyapih; nu nyapihna urang sabrang.

Dalam bahasa Indonesia.

Selepas itu, pemerintahan dikuasai monyet. Kemudian, keturunan kita ada yang sadar, tetapi sadarnya mirip orang yang baru bangun dari mimpi. Hal-hal yang sejak dulu hilang tenggelam dalam sejarah, banyak yang menemukannya. Akan tetapi, banyak yang tertukar sejarahnya. Ada penemuan yang digunakan, tetapi sebetulnya tidak perlu digunakan. Bahkan, ada yang dicuri dan dijual! Keturunan kita banyak yang tidak paham dan tidak peduli bahwa zaman sudah berganti kisah! Kemudian, geger senegara. Pintu yang tertutup didobrak oleh para pembuka jalan, tetapi jalan yang kurang tepat.

Yang memerintah bersembunyi jauh sekali, alun-alun jadi kosong, kerbau bule pada kabur. Lalu, negara yang terpecah-pecah itu dikuasai dan dirusakkan monyet! Keturunan kita enak-enak tertawa, tetapi tertawa yang tertahan, tidak tuntas, karena ternyata warung habis dirusak monyet, sawah habis dikuasai monyet, lumbung padi habis dimakan monyet, kebun dilalap monyet, perempuan-perempuan hamil oleh monyet. Segala-gala dikuasai monyet. Keturunan kita takut oleh mereka yang bergaya seperti monyet. Undang-undang dan hukum dipegang monyet sambil mengendalikan para pemuda. Keturunan kita tetap menjadi orang-orang suruhan dan kuli. Banyak yang mati kelaparan. Mulai saat itu keturunan kita mengharapkan panen jagung sambil mencoba-coba bertani tanpa ilmu pengetahuan dalam mengolah lahan. Tidak paham dan tidak peduli bahwa zaman sudah berganti lagi kisah.

Kemudian, sayup-sayup, namun jelas beritanya, dari ujung laut Utara terdengar guruh yang bergemuruh, burung garuda menetaskan telur. Geger seluruh dunia! Lalu, apa yang terjadi di negeri kita?Ramai oleh yang sedang berperang. Perang seluruhnya sampai ke pelosok-pelosok. Monyet mengumpul berjatuhan. Keturunan kita mengamuk sejadi-jadinya, mengamuk tanpa aturan. Banyak yang mati tak berdosa. Sudah jelas musuh, malah dijadikan teman. Jelas-jelas teman disebut musuh. Mendadak banyak yang menjadi pemimpin yang memerintah dengan cara-cara edan. Mereka yang kebingungan tambah bingung, anak-anak yang belum dewasa sudah menjadi bapak. Mereka yang mengamuk semakin kalap, mengamuk tanpa pilih bulu. Mereka yang putih dikejar dan dihancurkan, yang hitam diusir. Daratan kita benar-benar panas dan kacau disebabkan mereka yang sedang mengamuk, tidak beda dengan tawon yang dilempari tepat mengenai sarangnya. Seluruh daratan dibuat tempat penjagalan. Akan tetapi, segera ada yang menghentikan. Mereka yang menghentikannya adalah orang seberang.

Agar lebih jelas, kita rinci lagi dalam setiap paragraf.

Sunda.

Ti dinya, waluku ditumpakan kunyuk. Laju turunan urang aya nu lilir, tapi lilirna cara nu kara hudang tina ngimpi. Ti nu laleungit, tambah loba nu manggihna. Tapi loba nu pahili, aya kabawa nu lain mudu diala! Turunan urang loba nu hanteu engeuh yén jaman ganti lalakon ! Ti dinya gehger sanagara. Panto nutup dibuburak ku nu ngaranteur pamuka jalan, tapi jalan nu pasingsal!

Indonesia.

Selepas itu, pemerintahan dikuasai monyet. Kemudian, keturunan kita ada yang sadar, tetapi sadarnya mirip orang yang baru bangun dari mimpi. Hal-hal yang sejak dulu hilang tenggelam dalam sejarah, banyak yang menemukannya. Akan tetapi, banyak yang tertukar sejarahnya. Ada penemuan yang digunakan, tetapi sebetulnya tidak perlu digunakan. Bahkan, ada yang dicuri dan dijual! Keturunan kita banyak yang tidak paham dan tidak peduli bahwa zaman sudah berganti kisah! Kemudian, geger senegara. Pintu yang tertutup didobrak oleh para pembuka jalan, tetapi jalan yang kurang tepat.

Prabu Siliwangi mengistilahkan pasukan Jepang dengan monyet. Monyet itu punya sifat serakah, tidak cukup hanya makan kenyang, kerap menyimpan makanannya sampai mulutnya penuh sekali sehingga pipinya tampak menonjol.

Jepang datang dengan tipuan sebagai “saudara tua”, padahal menjajah dengan lebih kejam. Kemudian, banyak orang Sunda yang sadar bahwa dirinya sedang dijajah Jepang. Akan tetapi, mereka masih kebingungan. Dalam pada itu, banyak sejarah mengenai Kerajaan Pajajaran ditemukan kembali yang asalnya telah banyak yang hilang. Akan tetapi, data-data tersebut kurang lengkap dan tidak sesuai kronologisnya, bahkan tertukar peristiwanya. Adapula peninggalan sejarah yang hilang dan dijual oleh mereka yang tidak bertanggung jawab. Meskipun demikian, sebagian besar sebenarnya rakyat Sunda tidak menyadari situasi dan kondisi yang sedang terjadi. Mereka tidak menyadari keadaan zamannya. Hanya sebagian kecil yang sadar.

Kesadaran sebagian kecil orang Sunda terhadap situasi dan kondisi yang terjadi bersinergi dengan perjuangan secara nasional untuk memperjuangkan kemerdekaan. Terjadilah, berbagai perlawanan yang melibatkan banyak orang senegara. Mereka berjuang mendobrak pintu penjajahan.

Penjajahan Belanda pun berakhir berbarengan dengan masuknya penjajahan baru, Jepang. Inilah yang disebut Prabu Siliwangi sebagai jalan nu pasingsal, ‘jalan yang kurang tepat’. Hal itu disebabkan adanya negosiasi dengan pasukan Jepang, sedangkan Jepang sendiri sebenarnya tidak menginginkan Indonesia merdeka, tetapi berupaya menjadikan Indonesia sebagai jajahan untuk mendukung perang-perang Jepang di tingkat dunia. Oleh sebab itu, banyak pemuda kita yang diberi pelatihan militer, kemudian dikirim untuk berperang. Di samping itu, tentunya berlaku pula kerja paksa yang hasilnya untuk kepentingan Jepang.

Pada masa Jepang masuk ke Indonesia, terjadi pertempuran dengan Belanda. Jepang memang sudah mulai mengendalikan keadaan. Hal tersebut sebagaimana yang dilukiskan Prabu Siliwangi.

Sunda.

Nu tutunjuk nyumput jauh; alun-alun jadi suwung, kebo bulé kalalabur. Laju sampalan nu diranjah monyét! Turunan urang ngareunah seuri, tapi seuri teu anggeus, sabab kaburu warung béak ku monyét, sawah béak ku monyét, leuit béak ku monyét, kebon béak ku monyét, sawah béak ku monyét, cawéné rareuneuh ku monyét. Sagala-gala diranjah ku monyét. Turunan urang sieun ku nu niru-niru monyét. Panarat dicekel ku monyet bari diuk dina bubuntut. Walukuna ditarik ku turunan urang keneh. Loba nu paraeh kalaparan. Ti dinya, turunan urang ngarep-ngarep pelak jagong sabari nyanyahoanan maresék caturangga. Hanteu arengeuh, yén jaman geus ganti deui lalakon.

Indonesia.

Yang memerintah bersembunyi jauh sekali, alun-alun jadi kosong, kerbau bule pada kabur. Lalu, negara yang terpecah-pecah itu dikuasai dan dirusakkan monyet! Keturunan kita enak-enak tertawa, tetapi tertawa yang tertahan, tidak tuntas, karena ternyata warung habis dirusak monyet, sawah habis dikuasai monyet, lumbung padi habis dimakan monyet, kebun dilalap monyet, perempuan-perempuan hamil oleh monyet. Segala-gala dikuasai monyet. Keturunan kita takut oleh mereka yang bergaya seperti monyet. Undang-undang dan hukum dipegang monyet sambil mengendalikan para pemuda. Keturunan kita tetap menjadi orang-orang suruhan dan kuli. Banyak yang mati kelaparan. Mulai saat itu keturunan kita mengharapkan panen jagung sambil mencoba-coba bertani tanpa ilmu pengetahuan dalam mengolah lahan. Tidak paham dan tidak peduli bahwa zaman sudah berganti lagi kisah.

Sang Prabu melukiskan bahwa Jepang mengendalikan pertempuran dan pemerintahan dari tempat yang tersembunyi jauh. Terbukti, Jepang menggunakan goa-goa di gunung dan perbukitan sebagai tempat pertahanan pasukan. Bahkan, ada goa-goa yang dibuat Jepang sendiri. Sampai saat ini, goa-goa itu masih ada yang dikenal dengan sebutan Goa Jepang. Goa-goa ini tersebar di berbagai wilayah di tanah Sunda.

Karena kekuatan Jepang yang sangat hebat, Belanda pun meninggalkan pusat pemerintahannya yang dulu terkonsentrasi di seputar alun-alun. Akhirnya, Belanda kalah, alun-alun jadi suwung, kebo bulé kalalabur, ‘alun-alun jadi kosong, kerbau bule pada kabur’.

Kekalahan Belanda dan kemenangan Jepang disambut oleh rakyat kita. Rakyat kita tertawa senang, tetapi tertawanya tidak tuntas karena ternyata Jepang menjajah dengan lebih kejam.

Keturunan kita enak-enak tertawa, tetapi tertawa yang tertahan, tidak tuntas, karena ternyata warung habis dirusak monyet, sawah habis dikuasai monyet, lumbung padi habis dimakan monyet, kebun dilalap monyet, perempuan-perempuan hamil oleh monyet. Segala-gala dikuasai monyet. Keturunan kita takut oleh mereka yang bergaya seperti monyet.

Pemerintahan yang dikuasai oleh Jepang secara kejam itu membuat rakyat hancur, baik sosial maupun ekonomi. Kelaparan melanda di mana-mana. Rakyat pun mengharapkan bisa menanam dan panen jagung untuk dimakan meskipun tidak memahami tentang pertanian.

Dalam keadaan tersebut, sebagian besar rakyat Sunda masih belum sadar tentang kondisi dirinya sendiri yang sedang dijajah. Mereka tidak memahami situasi dan kondisi yang sedang terjadi.

Pada masa penjajahan Jepang, para pejuang terus berjuang. Penjajahan Jepang pun mulai goyah karena dijatuhkannya bom atom di Hiroshima dan Nagasaki. Jatuhnya bom atom itu diketahui para pejuang kita. Hal tersebut digambarkan Prabu Siliwangi berikut ini.

Sunda.

Laju hawar-hawar, ti tungtung sagara kalér ngaguruh ngagulugur, galudra megarkeun endog. Génjlong saamparan jagat!

Indonesia.

Kemudian, sayup-sayup, namun jelas beritanya, dari ujung laut Utara terdengar guruh yang bergemuruh, burung garuda menetaskan telur. Geger seluruh dunia!

Sang Prabu meneruskannya.

Sunda.

Ari di urang? Ramé ku nu mangpring. Pangpring sabuluh-buluh gading. Monyét ngumpul ting rumpuyuk. Laju ngamuk turunan urang; ngamukna teu jeung aturan. loba nu paraéh teu boga dosa. Puguh musuh, dijieun batur; puguh batur disebut musuh. Ngadak-ngadak loba nu pangkat nu maréntah cara nu édan, nu bingung tambah baringung; barudak satepak jaradi bapa. nu ngaramuk tambah rosa; ngamukna teu ngilik bulu. Nu barodas dibuburak, nu harideung disieuh-sieuh. Mani sahéng buana urang, sabab nu ngaramuk, henteu beda tina tawon, dipaléngpéng keuna sayangna. Sanusa dijieun jagal. Tapi, kaburu aya nu nyapih; nu nyapihna urang sabrang.

Indonesia.

Lalu, apa yang terjadi di negeri kita?Ramai oleh yang sedang berperang. Perang seluruhnya sampai ke pelosok-pelosok. Monyet mengumpul berjatuhan. Keturunan kita mengamuk sejadi-jadinya, mengamuk tanpa aturan. Banyak yang mati tak berdosa. Sudah jelas musuh, malah dijadikan teman. Jelas-jelas teman disebut musuh. Mendadak banyak yang menjadi pemimpin yang memerintah dengan cara-cara edan. Mereka yang kebingungan tambah bingung, anak-anak yang belum dewasa sudah menjadi bapak. Mereka yang mengamuk semakin kalap, mengamuk tanpa pilih bulu. Mereka yang putih dikejar dan dihancurkan, yang hitam diusir. Daratan kita benar-benar panas dan kacau disebabkan mereka yang sedang mengamuk, tidak beda dengan tawon yang dilempari tepat mengenai sarangnya. Seluruh daratan dibuat tempat penjagalan. Akan tetapi, segera ada yang menghentikan. Mereka yang menghentikannya adalah orang seberang.

Sang Prabu menggambarkan bahwa ketika Jepang dijatuhi bom atom, di Indonesia sedang terjadi perang. Perang yang benar-benar berkecamuk. Para pemuda Indonesia yang telah mengetahui kekalahan Jepang oleh sekutu memanfaatkan momen itu untuk menghancurkan penjajahan Jepang. Markas-markas Jepang diserang. Pertempuran pun terjadi. Pasukan Jepang pun kalah ketika bertahan di markas-markasnya sendiri. Itulah yang dimaksud Prabu Siliwangi dengan monyét ngumpul ting rumpuyuk, ‘monyet mengumpul berjatuhan’. Memang, tentara jepang itu menyerah untuk kemudian dilucuti senjatanya oleh para pemuda kita di dalam markas-markasnya.

Dalam keadaan perang tersebut, banyak peristiwa yang mewarnainya. Kekacauan, perkelahian, pembunuhan, pengkhianatan, menjamurnya gerombolan-gerombolan bersenjata, dan hal-hal lain menggoncangkan seisi negeri. Banyaknya kelompok yang bersenjata menimbulkan efek lain dari kehidupan sosial secara keseluruhan, ketertiban pun tidak berjalan dengan baik. Namanya juga perang.

Akan tetapi, keadaan itu tidak berlangsung lama karena setelah dijatuhi bom atom di Hiroshima dan Nagasaki, Jepang pun sejatinya kalah perang oleh sekutu. Kekalahan perang itu berakibat pula pada situasi penjajahan di negeri kita. Kekuasaan Jepang berangsur-angsur menurun yang kemudian berakhir dengan Proklamasi Kemerdekaan RI.

Berhentinya kekejaman Jepang di Bumi Pertiwi ini akibat kekalahannya oleh sekutu digambarkan oleh Prabu Siliwangi dengan kalimat kaburu aya nu nyapih, nu nyapihna urang sabrang, ‘segera ada yang menghentikan, mereka yang menghentikannya adalah orang seberang’. Orang seberang yang dimaksud adalah sekutu yang dipimpin Amerika Serikat.

Demikianlah apa yang digambarkan dan diberitakan Prabu Siliwangi ratusan tahun silam kepada rakyatnya mengenai masa depan Indonesia. Ternyata, gambaran itu itu terbukti benar setelah dicocokkan dengan sejarah resmi yang disusun oleh pemerintah Indonesia saat ini.

No comments:

Post a Comment